Kamis, 04 Juni 2015

abstrak PTK



ABSTRAK

Wardani, Teti. 2015. Peningkatan Kemampuan Kemampuan Hak Anak di Sekolah Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas I SD N 1 Campursari Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Hak Anak di Sekolah, Model Pembelajaran Picture and Picture, Siswa Kelas I SDN 1 Campursari.


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar hak anak di sekolah yang disebabkan oleh beberapa faktor: 1) kurangnya penguasaan materi hak anak di sekolah, 2) Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, 3) Kurangnya pemanfaatan alat peraga, 4) Rendahnya motivasi siswa terhadap materi.
Permasalahan dari penelitian ini adalah1) rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran materi hak anak di sekolah, 2) Rendahnya motivasi  siswa dalam mengikuti pembelajaran materi hak anak di sekolah, 3) Rendahnya pemahaman siswa pada materi hak anak di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman materi hak anak di sekolah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai alur sebagai berikut: 1) perencanaan (planning)  2) tindakan (action), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I, siklus II. Pengumpulan data melaui tes dan observasi.Teknik analisis data adalah teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk menganalisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Pemahaman dan kemampuan materi hak anak di sekolah menggunakan model pembelajaran picture and picture dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siklus I sebesar 69,0 meningkat menjadi 8,06 pada siklus II. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tidak tuntas, 14 siswa tuntas. Pada siklus II terdapat 5 siswa tidak tuntas dan 20 siswa tuntas. Penelitian dengan model pembelajaran picture and picture diharapkan dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya. Sebaiknya  guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dan alat peraga yang meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar