Kamis, 11 Juni 2015

RANGKUMAN MODUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS



MODUL 1
HAKIKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KEGIATAN BELAJAR 1
PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A.    Pengertian PTK
Mills (2000) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai “systematic inquiry” yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah atau konselor sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik yang dilakukannya. Dengan mengkaji pengertian diatas, Penelitian tindakan kelas (PTK) dapat diartikan sebagai penelitan yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjannya sehingga hasil belajar siswa meningkat. 
B.     Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Karakteristik PTK adalah sebagai berikut:
1.      An inquiry of practice from within
Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. Guru merasa bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam praktik pembelajaran yang dilakukannya selama ini, dan perbaikan itu diprakarsai oleh guru itu sendiri, bukan oleh orang dari luar.
2.       Self reflective inquiry
Dalam PTK, pengumpulan data dilakukan oleh guru itu sendiri melalui refleksi diri. Metodologi yang digunakan longgar, namun secara sistematik, sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian dan rencana yang dibuat.
3.   Focus penelitian berupa kegiatan pembelajaran.
4. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran
C.     Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Kelas
Perbedan PTK dan Penelitian Kelas dapat dilihat pada tabel berikut:

No
Aspek
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian Non PTK
1
Peneliti
Guru
Orang luar
2
Rencana penelitian
Oleh guru( mungkin dibantu orang luar)
Oleh peneliti
3
Munculnya masalah
Dirasakan oleh guru(mungkin dengan dorongan orang luar)
Dirasakan oleh orang luar
4
Cirri utama
Ada tindakan untuk perbaikan yang berulang
Belum tentu ada tindakan perbaikan
5
Peran guru
Sebagai guru dan peneliti
Sebagai guru ( objek penelitian)
6
Tempat penelitian
Kelas
Kelas
7
Proses pengumpulan data
Oleh guru sendiri atau bantuan orang lain
Oleh peneliti
8
Hasil penelitian
Langsung dimanfaatkan oleh guru dan dirasakan oeh kelas
Menjadi milik peneliti, belum tentu dimanfaatkan oleh guru.

D.    Mengapa PTK Perlu Dilakukan Oleh Guru?
Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena:
a.       Guru memiliki otonomi untuk menilai kinerjanya
b.      Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
c.       Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya
d.      Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
e.       Keterlibatan guru dlam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru melakukan penelitian dikelasnya



KEGIATAN BELAJAR 2
MANFAAT, KETERBATASAN, DAN PERSYARATAN PTK

A.    Manfaat penelitian tindakan kelas
PTK bermanfaat bagi guru, pembelajaran/siswa, serta bagi sekolah.
1.      Manfaat bagi guru
a.       Membantu guru memperbaiki pembelajaran
b.      Membantu guru berkembang secara professional
c.       Meningkatkan percaya diri guru
d.      Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
2.      Manfaat bagi pembelajaran/siswa
Bagi pembelajara/siswa, PTK bermanfaat untuk meningkatkan proses/hasil belajar siswa, disamping guru yang melaksanakan PTK dapat menjadi model bagi para siswa dalam bersikapkritis terhadap hasil belajarnya.
3.      Manfaat bagi sekolah
Bagi sekolah, PTK membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan/kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah tersebut.
B.     Keterbatasan PTK
1.      Validitas; validitas PTK sering dipertanyakan karena metodologi yang agak longgar bersifat informal meskipun dijaga keobjektifannya masih sering menimbulkan keraguan.
2.       Generalisasi; hasil PTK tidak dapat digeneralisasi karena memang hasil tersebut hanya terkait dengan siswa dalam kelas tertentu.
C.     Kondisi Yang Dipersyratkan Dalam PTK
PTK memerluukan berbagai kondisi agar dapat berlangsung dengan baik dan melembaga. Kondisi tersebut antara lain dukungan dari semua personil disekolah, iklim yang terbuka yang memberikan kebebasan kepada guru untuk berinovasi, berdiskusi, berkolaborasi, dan saling percaya antara guru dan siswa. Birokrasi yang terlampau ketat merupakan hambatan bagi PTK.  
MODUL 2
LANGKAH – LANGKAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KEGIATAN BELAJAR 1
 RENCANA DAN PELAKSAAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Langkah – dalam PTK merupakan satu daur atau siklus yang terdiri dari :
1.      Merencanakan perbaikan
2.      Melaksanakan tindakan
3.      Mengamati
4.      Melakukan refleksi
A.    Mengidentifikasi Masalah
Untuk merencanakan perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah. Identifikasi masalah dapat diakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola.
B.     Menganalisis dan Merumuskan Masalah
Setelah masalah teridentifikasi, masalah perlu dianalisis dengan melakukan refleksi dan menalaah berbagai dokumen yang terkait. Dari hasil analisis, dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional agar dapat memandu usaha perbaikan.
C.     Merencanakan Perbaikan
Setelah masalah dijabarkan, langkah selanjutnya adalah mencari dan mengembangkan cara perbaikan, yang dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.
D.    Melaksanakan PTK
Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan scenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisis data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interprestasi dilakukan simultan. Actor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan sesuai dengan kaidah PTK, perlu diterapkan enam criteria sebagai berikut:
1.      Metodologi penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar.
2.       Pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak.
3.       Metodelogi harus reliable (handal) hingga guru dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan situasi kelasnya.
4.       Masalah yang ditangani guru harus sesuai dengan kemamuan dan komitmennya.
5.       Guru harus memperhatikan berbagai aturan (etika) yang berkaitan dengan tugasnya.
6.       PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah.

MODUL 3
MERANCANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KEGIATAN BELAJAR 1
Langkah-langkah Perencanaan Penelitian Tindakab Kelas
A.    Langkah-langkah untuk menentukan dan merumuskan masalah
1.      Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengkaji hasil belajar siswa, mengingat kembali proses pembelajaran, melihat catatan harian pada akhir pelajaran, atau bahkan bertanya kepada siswa atau teman sejawat. Dalam mengidentifikasi masalah harus memfokuskan masalah tersebut pada aspek tertentu. Misalnya keadaan sekolah,proses pembelajaran.
2.      Menganalisis Masalah
Dalam menganalisis masalah kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut. Analisis ini penting untuk memperoleh jawaban apa yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut, dan apakah masalah tersebut benar-benar memerlukan PTK untuk mengatasinya.
3.      Merumuskan Masalah
Setelah melakukan analisis masalah dan menemukan penyebabnya, maka selanjutnya adalah merumuskan masalah tersebut. Rumusan masalah sudah menyiratkan apa yang akan dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut.
Rumusan masalah selalu dibuat dengan kalimat tanya serta mengandung aspek yang akan diperbaiki dan upaya memperbaikinya.
B.     Mengembangkan Alternatif Tindakan
Dalam mengembangkan alternatif tindakan dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Mengkaji berbagai teori dan hasil penelitian yang terkait dengan masalah yang kita hadapi
2.      Berdiskusi dengan teman sejawat dan pakar bidang ilmu yang relevan
3.      Mengingat kembali pengalaman kita dalam menangani masalah serupa.

Kegiatan Belajar 2
RENCANA DAN PROPOSAL PTK
A.    Rencana Perbaikan
Agar mampu mengembangkan RPP dengan akurat, ada hal-hal yang harus ditempuh.
1.      Membuat skenario pembelajaran, yang terdiri dari langkah-langkah dalam pembelajaran yang berkaitan dengan perbaikan yang diinginkan.
2.      Mempersiapkan fasilitas, sarana, dan prasarana yang diperlukan dalam melaksanakan tindakan perbaikan, termasuk mempersiapkan alat peraga, jika memang dibutuhkan.
3.      Menyusun RPP yang lengkap
4.      Melakukan simulasi perbaikan, yang hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki skenario pembelajaran  atau rencana perbaikan secara keseluruhan.
B.     Menentukan dan mempersiapkan prosedur instrument pengumpul data
Cara dan instrument pengumpul data harus disesuaikan dengan tujuan perbaikan yang akan dirancang, karena ketercapaian tujuan inilah yang menjadi focus pengumpulan data.
C.     Proposal PTK
1.      Hakikat Proposal PTK
Proposal merupakan satu dokumen yang berisi tentang rencana suatu kegiatan pendidikan yang dirancang oleh para pengusulnya. Dokumen tersebut  memaparkan dengan jelas apa yang akan dikerjakan, mengapa hal tersebut dikerjakan, siapa yang terlibat dalam kegiatan itu, apa yang akan dihasilkan dari kegiatan itu, bagaimana dan kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan dan berapa anggaran untuk kegiatan tersebut.

2.      Format Proposal PTK
Proposal penelitian pada dasarnya terdiri dari komponen berikut:
a.       Pendahuluan yang berisi latar belakang masalah
b.      Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian
c.       Kerangka Teoritis
d.      Metodologi Penelitian

Modul 4
MELAKSANAKAN PERBAIKAN DALAM PEMBELAJARAN
KEGIATAN BELAJAR 1
Perbedaan Peran Guru sebagai Pengajar dan Pelaksana PTK
A.    Peran Guru sebagai Pengajar serta sebagai Pengajar dan Peneliti
Dengan memahami tugas seorang peneliti dan memahami tugas seorang guru, pasti bisa merumuskan tugas seorang guru yang sekaligus menjadi peneliti.
1.  Tahap Persiapan
Persiapan yang dibuat guru pada umumnya dalam bentuk rencana pembelajaran (RP), baik yang digunakan oleh guru untuk mengajar secara rutin, maupun untuk PTK
2.  Tahap Pelaksanaan Pembelajaran
Guru yang mengajarkan hanya memfokuskan diri pada pembelajaran, maka guru yang melaksanakan PTK mempunyai peran lain yaitu sebagai peneliti.
Kegiatan Awal: Kegiatan pembelajaran dimulai dengan apersepsi yang berfungsi untuk menarik perhatian dan minat peserta didik menghadapi pelajaran yang akan disajikan.
Kegiatan Inti: Kegiatan inti pada dasarnya merupakan kegiatan untuk mencapai kompetensi yang dirancang dalam RP.
Kegiatan Penutup: Kegiatan penutup bertujuan untuk memeriksa pemahaman siswa dan menindaklanjuti hasil belajar.

3.    Tahap Pasca Pembelajaran
Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Guru pelaksana PTK adalah :
a.      Menghimpun atau merangkum catatan yang dibuat selama pembelajaran
b.     Berdialog dengan siswa jika diperlukan
c.      Berdiskusi dengan teman sejawat  untuk membahas data yang dikumpulkan
d.     Melakukan refleksi, untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi didalam kelas, mengapa peristiwa tersebut terjadi, dan apa dampaknya bagi siswa.
e.      Merangkum hasil perbaikan pembelajaran
f.      Merangkum penyebab belum tercapainya perbaikan yang dirangkum pada butir


B.     Membangun Kolaborasi
Kolaborasi seyogyanya bersifat menguntungkan, Guru yang membantu mengamati teman sejawatnya mengajar juga mendapat keuntungan yaitu mempunyai pengalaman mengamati secara cermat peristiwa pembelajaran yang mungkin selama ini tidak pernah dipikirkan.
     Kegiatan Belajar 2
     Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran
A.  Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Daur 1
1.      Persiapan
Hal-hal yang harus dilakukan pada tahap persiapan adalah menyiapkan RP perbaikan, memeriksa alat peraga atau media yang akan digunakan, mengecek urutan kegiatan yang akan dilakukan dari awal sampai akhir, dan terakhir adalah mengecek lembar observasi.
2.      Melaksanakan Tindakan Perbaikan Daur 1
3.      Melakukan Refleksi
Refleksi adalah tahap melakukan kegiatan penelaahan dan mencoba menyimpulkan hasil tindakan perbaikan yang telah dilakukannya.
B.  Melaksanakan Perbaikan Daur 2
1.      Persiapan
Hal-hal yang dilakukan pada tahap persiapan pada daur 2 adalah memeriksa pertanyaan yang akan diajukan pada setiap tahap kegiatan, memeriksa alat peraga yang akan digunakan, lembar pengamatan yang akan digunakan sudah disiapkan,mengecek urutan kegiatan.
2.      Tindakan Perbaikan Daur 2
Memperbaiki hal-hal yang kurang pada daur 1
3.      Refleksi Daur 2
Melakukan refleksi daur 2 sehingga mengetahui pembelajaran ini meningkat dalam segi hasil siswa atau proses pembelajaran.
C.  Ulasan
Hal-hal yang dapat diambil dari perbaikan 2 daur di atas adalah:
1.      Tindakan perbaikan sangat tergantung dari rencana perbaikan yang telah dirancang sebeluumnya.
2.      Sebelum pelaksanaan tindakan, guru harus melakukan persiapan akhir seperti memeriksa alat peraga, ksiapan lembar observasi
3.      Kesungguhan, komitmen dan kerja keras guru sangat menentukan keberhasilan tindakan kelas
4.      Guru hendaknya membuat scenario urutan kegiatan beserta rinciannya
5.      Kolaborasi dengan teman sejawat
6.      Kejujuran guru dalam melakukan refleksi
7.      Kemampuan guru menyimpulkan hasil perbaikan
Hasil pengolahan data secara refleksi yang dilakukan guru akan menjadi masukan bagi rencana perbaikan daur selanjutnya.

MODUL 5
ANALISIS HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
KEGIATAN BELAJAR 1
Analisis Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Data penelitian tindakan kelas pada dasarnya dikumpulkan oleh guru yang berperan sebagai peneliti dan pengajar, dan jika perlu dapat dibantu oleh teman sejawat. Data tersebut lebih banyak bersifat kualitatif, meski ada juga yang berupa data kuantitatif. Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar. Sehubungan dengan butir 2, maka analisis data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada, merangkumnya, kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau dipahami. Penyajian hasil analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.
Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menemukan persentase, dan nilai rata-rata. Penyajian hasil analisis dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik. Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Interpretasi ini pada gilirannya akan menjadi temuan penelitian. Analisis yang akurat dan cara penyajian yang tepat akan memungkinkan tafsiran/interpretasi hasil penelitian yang akurat dan valid itu. Oleh karena itu, guru harus sangat berhati-hati dalam melakukan analisis. Kekurang-akuratan dapat diminimalkan dengan melakukan "cross check" dengan sumber data atau dengan data lain yang sejenis. Agar mampu melakukan analisis data, guru harus banyak melakukan latihan dan bekerja dalam kelompok.

KEGIATAN BELAJAR  2
TINDAK LANJUT HASIL PERBAIKAN

Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Sejalan dengan itu, kesimpulan atau simpulan adalah kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian sebelumnya. Dalam kaitan dengan PTK, kesimpulan harus disusun secara singkat, padat, dan jelas; sesuai dengan uraian, dan mengacu kepada pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan. Di samping itu, kesimpulan harus disusun secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan.
Penyusunan kesimpulan seyogianya dilakukan melalui langkah-langkah: (1) memeriksa dan memahami pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (2) mencermati, menganalisis, dan mensintesis deskripsi temuan, (3) menulis kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, (4) mengurutkan setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan, serta (5) memeriksa kesesuaian antara pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan, dan kesimpulan.
Saran dimaknai sebagai: pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Dalam kaitan dengan PTK, saran merupakan pemikiran yang diajukan oleh guru peneliti untuk menindaklanjuti hasil penelitiannya. Saran tindak lanjut hasil PTK harus memenuhi rambu-rambu: (1) bersumber atau sesuai dengan kesimpulan, (2) bersifat kongkret, operasional, dan penting, sehingga menarik untuk dilaksanakan oleh guru, (3) jelas sasarannya, apakah ditujukan kepada guru atau sekolah, atau barangkali instansi lain, serta (4) dapat meliputi hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penelitian.
Pembuatan saran dapat dilakukan melalui langkah-langkah: (1) mencermati kesimpulan hasil PTK, (2) mengkaji aspek-aspek dari kesimpulan tersebut yang perlu ditindaklanjuti, baik oleh guru peneliti, guru lain, maupun sekolah, (3) menetapkan kepada siapa saran tersebut akan ditujukan, serta (4) menulis saran.
MODUL 6
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
KEGIATAN BELAJAR 1

Cara Penulisan Laporan Hasil PTK
Laporan PTK adalah laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Laporan ini ditulis karena merupakan dokumen yang dapat dijadikan acuan, harus diserahkan kepada pihak sponsor, serta dapat diketahui oleh umum, terutama oleh para guru yang barangkali mengalami masalah yang sama dengan yang dilaporkan.
Sistematika laporan PTK pada umumnya tidak jauh berbeda dari laporan penelitian formal. Sesuai dengan format Laporan PTK yang terdapat dalam Panduan Direktorat Jenderal Pendidikan, maka Sistematika Laporan PTK dibuat sebagai berikut.

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar Isi
     I.          Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah (data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).
B.      Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian
II.            Kajian Pustaka
III.          Pelaksanaan Penelitian
A.    Subjek Penelitian (Lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas, dan karakteristik siswa)
B.      Deskripsi per Siklus: (rencana, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data/instrumen, refleksi)
IV.           Hasil Penelitian dan Pembahasan
Deskripsi per siklus (data tentang rencana, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data.
A.    Pembahasan dari setiap siklus.
V.            Kesimpulan dan Saran
A.    Kesimpulan
B.      
Daftar Pustaka
Lampiran

1.      Judul penelitian hendaknya menggambarkan aktivitas perbaikan yang dilaksanakan sebagai fokus PTK.
2.       Abstrak memuat sari pati dari setiap komponen penelitian, mulai dari masalah, tujuan penelitian, pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Dengan membaca abstrak, orang akan mendapat gambaran umum mengenai PTK yang dilaporkan.
3.       Pendahuluan memuat latar belakang munculnya masalah, analisis dan perumusan masalah, serta tujuan dan manfaat penelitian.
4.       Kajian pustaka menguraikan tentang berbagai teori/hasil penelitian yang terkait dengan masalah penelitian, yang dapat dijadikan acuan dalam merancang perbaikan dan membahas hasil penelitian.
5.       Pelaksanaan penelitian mengungkapkan tentang subjek penelitian, prosedur pelaksanaan per siklus, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan cara refleksi.
6.       Penelitian dan Pembahasan menyajikan hasil penelitian setiap siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan, refleksi, yang berisi penjelasan tentang keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Bagian ini didukung dengan tabel dan grafik, dan disertai dengan pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.
7.       Kesimpulan dan saran berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran untuk menindaklanjuti hasil penelitian tersebut.
8.       Daftar Pustaka memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan, yang disusun berdasarkan abjad dengan menggunakan gaya penulisan tertentu.

KEGIATAN BELAJAR 2
DISEMINASI HASIL PTK
Dalam menulis laporan PTK, perlu diperhatikan berbagai ketentuan, seperti: (1) etika penulisan, (2) penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis, serta (3) berbagai ketentuan teknis. penulisan mencakup: (1) kejujuran, (2) keobjektifan, dan (3) pengutipan. Ketiga aspek ini sangat berkaitan erat. Kejujuran menuntut penulis jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara mengungkapkan dan menafsirkan data/informasi apa adanya tanpa dicampuri oleh kepentingan pribadi. Keobjektifan menuntut penulis menyajikan informasi sebagaimana adanya, tanpa manipulasi, sehingga apa yang dibaca oleh pembaca memang benar adanya. Pengutipan berkaitan dengan mengutip atau menggunakan pendapat orang lain dalam tulisan. Dalam hal ini, penulis harus mencantumkan sumber kutipan dengan mengikuti aturan yang berlaku.
Penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis, menuntut penulis memperhatikan kaidah-kaidah bahasa tulis, sehingga tingkat keterbacaan laporan menjadi tinggi. Kaidah bahasa tulis paling tidak mencakup: (1) pilihan kata, (2) struktur kalimat, (3) paragraf, dan (4) ejaan. Kata/istilah yang digunakan dalam laporan seyogianya merupakan kata/istilah baku yang diketahui oleh umum, kalimat cukup lugas dan memenuhi unsur-unsur kalimat sempurna, paragraf merupakan paparan buah pikiran yang utuh, serta cara penulisan harus mengikuti aturan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
Ketentuan teknis berkaitan dengan penampilan laporan yang mudah dibaca. Ketentuan ini mencakup, sistem penomoran, cara mengutip, serta huruf, spasi, dan margin. Sistem penomoran dapat menggunakan sistem digit atau campuran angka dan huruf, asal digunakan secara konsisten. Cara mengutip mengikuti aturan American Psychology Association (APA); sedangkan huruf yang digunakan adalah Times New Roman atau Arial dengan font size 12, spasi 1,5; serta margin 4 cm dari pinggir kiri dan atas, dan 3 cm dari pinggir kanan dan bawah.
Laporan PTK dapat didiseminasikan melalui berbagai pertemuan tatap muka seperti seminar, rapat kerja, kelompok kerja guru (MGMP dan PKG); di samping melalui berbagai media, seperti majalah, jurnal, atau buletin.

10 komentar:

  1. Barokallah. Izin menggunakan untuk bahan referensi. Terima kasih banyak bu

    BalasHapus
  2. Izin menggunakan untuk bahan referensi. Terima kasih banyak bu

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bunda sangat membantu kami belajar dgn cepat 🙏🙏🙏🙏👍

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak atas bantuannya ini sangat membantu kami sebagai mahasiswa dalam melaksanakan PTK.

    BalasHapus