Minggu, 14 Juni 2015



Lampiran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Siklus I
Satuan Pendidikan                : SD Negeri 1 Campursari
Mata Pelajaran                      : PKn
Kelas / Semester                     : I /II
            Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit
Jumlah Pertemuan                : 1 Pertemuan

A.    Standar Kompetensi
3 Menerapkan hak anak di sekolah
B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira, dan di dengar pendapatnya
3.2 Melaksanakan hak anak di sekolah
C.    Indikator
Kognitif          : mendefinisikan arti hak
Psikomotor     : -
Afektif            : melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif            : siswa mampu mendefinisiskan arti hak yang disampaikan secara tepat
Psikomotor     : -
Afektif            : siswa mampu melaksanakan hak anak di sekolah dengan tepat
E.     Materi Ajar
Gambar ilustrasi
F.     Model Pembelajaran
Pembelajaran Picture and Picture
Media pembelajaran : gambar ilustrasi
G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN GURU
LANGKAH
POKOK
KEGIATAN SISWA
·      Mengajak siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing
·      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Apersepsi
·      Meminta informasi mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran


·         Siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing
·         Memberi informasi kepada guru tentang kehadiran


·         Memberi informasi mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan menjawab pertanyaan guru

Eksplorasi
·         Memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
·         Memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
·         menyiapkan gambar
Menyajikan materi sebagai pengantar
·         Menerima informasi yang disampaikan guru
·         Menunjukkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
·         Membagi menjadi 5 kelompok

Menunjukkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
·         Mengamati setiap gambar yang ditunjukkan oleh guru
·         Berkumpul dengan kelompok

Elaborasi

·         menjelaskan hak anak di sekolah
·         membagi gambar dan lembar kerja
·         mengawasi siswa dalam berdiskusi

Mendiskusikan gambar-gambar kegiatan dan
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
·         menerima gambar dan lembar kerja
·         berdiskusi dalam kelompok
·         meminta setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
·         memberi evaluasi hasil diskusi
Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
·         menyampaikan hasil diskusi kelompok masing-masing
·         mendengarkan penjelasan guru

Konfirmasi

·         bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di sekolah

Memberikan kesimpulan secara umum
·         bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di sekolah
·         memberi evaluasi tentang pembelajaran yang dilakukan
·         member tugas rumah untuk siswa
·         menyampaikan materi untuk pertemuan yang akan datang
·         menutup pembelajaran
·         berdoa
Evaluasi
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
·         menerima tugas rumah dari guru
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan gur
·         berdoa





H.    Penilaian
Soal :
                   I.     Berilah tanda silang (X) pada a,b atau c untuk jawaban yang benar !
1.      Sesuatu yang pantas kita terima disebut ……..
a. tugas
b. hak
c. kewajiban
2.      Mendapat pelajaran merupakan …………… murid di sekolah.
a. hak
b. kewajiban
c. tugas
3.      Hak anak di sekolah harus dipenuhi oleh ….
                        a. teman                       
                        b. guru
                        c. orang tua
4.      Salah satu hak murid di sekolah adalah ….
                        a. mendapat nilai                                                                
                        b. menghormati guru                                                          
                        c. mematuhi tata tertib
5.      Bapak ibu guru memperhatikan dan mengasihi aku. Aku merasakan senang, karena mendapatkan …. di sekolah.
                        a. tugas                                                                               
                        b. kewajiban                                                                       
                        c. hak
6.      Perilaku yang baik ketika guru menjelaskan pelajaran ….
                        a. bermain                                                                           
                        b. memperhatikan                                                               
                        c. menggangu teman
7.      Menyampaikan pendapat harus dengan ….
                        a. keras
                        b. marah                                                                             
                        c. sopan
8.      Teman yang menyampaikan usul harus kita ….
                        a. diamkan
                        b. dengarkan                
                        c. tinggalkan
9.      Belajar harus dalam suasana ….
                        a. gembira
                        b. sedih                        
                        c. takut
10.  Hak anak di sekolah adalah….
a.    Membantu guru
b.   Mengerjakan PR
c.    Mendapat kasih sayang guru

      II.    Isilah titik-titik dibawah ini dengan  tepat

1.        Segala sesuatu yang kita terima disebut………………………….
2.        Mendapat nilai adalah hak anak di ………………………………
3.        Kita berhak meminjam…………………………di perpustakaan.
4.        Siswa berhak menerima ……………………………… dari guru.
5.        Salah satu hak anak di sekolah adalah …………………………..

Teknik Penilaian Tes Tertulis
Butir Soal
Nomor
Skor Aspek Penilaian
Jumlah
Skor
Ketepatan Jawaban

       I.            1   s.d. 10


    II.            1  s.d. 5


Keterangan:
I. Benar              : Skor 1                                    Skor Maksimal : 10
Salah               : Skor 0
                II.  Benar              : Skor 2                                    Skor Maksimal : 10
Salah                : Skor 0

          NA =   Sp  x  100
                     Sm
             Keterangan:  Sp = skor perolehan
                                  Sm= skor maksimal
Penilaian Keseluruhan


No


Nama
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Kognitif
(berdasarkan latihan)
Psikomotor
Afektif
(Karakter yang dikembangkan)
1.





2





Keterangan afektif:
Skor 85-100            : Sangat Tinggi
Skor 76-85              : Tinggi
Skor 66-75              : Sedang
Skor < 65                : Kurang

Ngadirejo, 2 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah
                                               


TITIK SUPRIYATI, S.Pd.
NIP. 19590401 197911 2 005

Mahasiswa



TETI WARDANI
NIM 825603217


Tidak ada komentar:

Posting Komentar