Lampiran 4
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Siklus
I
Satuan Pendidikan
: SD Negeri 1 Campursari
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : I /II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Jumlah Pertemuan : 1 Pertemuan
A.
Standar Kompetensi
3 Menerapkan hak anak
di sekolah
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan
gembira, dan di dengar pendapatnya
3.2
Melaksanakan hak anak di sekolah
C.
Indikator
Kognitif : mendefinisikan arti hak
Psikomotor : -
Afektif : melaksanakan hak anak di rumah dan
di sekolah
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif : siswa mampu mendefinisiskan arti
hak yang disampaikan secara tepat
Psikomotor : -
Afektif : siswa mampu melaksanakan hak anak
di sekolah dengan tepat
E.
Materi Ajar
Gambar ilustrasi
F.
Model Pembelajaran
Pembelajaran Picture
and Picture
Media pembelajaran
: gambar ilustrasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
GURU
|
LANGKAH
POKOK
|
KEGIATAN
SISWA
|
·
Mengajak siswa berdoa
menurut keyakinan masing-masing
·
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
Apersepsi
·
Meminta informasi
mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya
tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran
|
|
·
Siswa berdoa menurut
keyakinan masing-masing
·
Memberi informasi kepada
guru tentang kehadiran
·
Memberi informasi
mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan menjawab
pertanyaan guru
|
Eksplorasi
|
||
·
Memberikan penjelasan
tentang tujuan pembelajaran
|
Memberikan penjelasan tentang kompetensi
yang ingin dicapai
|
·
Memperhatikan tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
·
menyiapkan gambar
|
Menyajikan materi sebagai pengantar
|
·
Menerima informasi yang
disampaikan guru
|
·
Menunjukkan gambar-gambar
kegiatan yang berkaitan dengan materi
·
Membagi menjadi 5
kelompok
|
Menunjukkan gambar-gambar kegiatan
berkaitan dengan materi
|
·
Mengamati setiap gambar
yang ditunjukkan oleh guru
·
Berkumpul dengan kelompok
|
|
Elaborasi
|
|
·
menjelaskan hak anak di
sekolah
·
membagi gambar dan lembar
kerja
·
mengawasi siswa dalam
berdiskusi
|
Mendiskusikan gambar-gambar kegiatan dan
|
·
mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
·
menerima gambar dan
lembar kerja
·
berdiskusi dalam kelompok
|
·
meminta setiap kelompok
menyampaikan hasil diskusi
·
memberi evaluasi hasil
diskusi
|
Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
|
·
menyampaikan hasil
diskusi kelompok masing-masing
·
mendengarkan penjelasan
guru
|
|
Konfirmasi
|
|
·
bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di sekolah
|
Memberikan kesimpulan secara umum
|
·
bersama guru menyimpulkan
pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di sekolah
|
·
memberi evaluasi tentang
pembelajaran yang dilakukan
·
member tugas rumah untuk
siswa
·
menyampaikan materi untuk
pertemuan yang akan datang
·
menutup pembelajaran
·
berdoa
|
Evaluasi
|
·
mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
·
menerima tugas rumah dari
guru
·
mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan gur
·
berdoa
|
H.
Penilaian
Soal :
I. Berilah tanda silang (X) pada a,b atau c untuk
jawaban yang benar !
1. Sesuatu yang pantas kita terima disebut ……..
a. tugas
b. hak
c.
kewajiban
2.
Mendapat pelajaran merupakan …………… murid di
sekolah.
a. hak
b.
kewajiban
c. tugas
3. Hak anak
di sekolah harus dipenuhi oleh ….
a.
teman
b.
guru
c.
orang tua
4. Salah
satu hak murid di sekolah adalah ….
a.
mendapat nilai
b.
menghormati guru
c.
mematuhi tata tertib
5. Bapak
ibu guru memperhatikan dan mengasihi aku. Aku merasakan senang, karena
mendapatkan …. di sekolah.
a.
tugas
b.
kewajiban
c.
hak
6. Perilaku
yang baik ketika guru menjelaskan pelajaran ….
a.
bermain
b.
memperhatikan
c.
menggangu teman
7. Menyampaikan
pendapat harus dengan ….
a.
keras
b.
marah
c.
sopan
8. Teman
yang menyampaikan usul harus kita ….
a.
diamkan
b.
dengarkan
c.
tinggalkan
9. Belajar
harus dalam suasana ….
a.
gembira
b.
sedih
c.
takut
10. Hak anak di sekolah adalah….
a.
Membantu guru
b.
Mengerjakan PR
c.
Mendapat kasih sayang guru
II. Isilah titik-titik
dibawah ini dengan tepat
1.
Segala sesuatu yang kita terima disebut………………………….
2.
Mendapat nilai adalah hak anak di ………………………………
3.
Kita berhak meminjam…………………………di perpustakaan.
4.
Siswa berhak menerima ……………………………… dari guru.
5.
Salah satu hak anak di sekolah adalah …………………………..
Teknik Penilaian Tes Tertulis
Butir Soal
Nomor
|
Skor Aspek Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Ketepatan Jawaban
|
|
|
I.
1 s.d. 10
|
|
|
II.
1 s.d. 5
|
|
|
Keterangan:
I. Benar : Skor 1 Skor Maksimal : 10
Salah : Skor 0
II. Benar : Skor 2 Skor Maksimal : 10
Salah : Skor 0

Sm
Keterangan: Sp = skor perolehan
Sm= skor
maksimal
Penilaian Keseluruhan
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Akhir
|
||
Kognitif
(berdasarkan latihan)
|
Psikomotor
|
Afektif
(Karakter yang dikembangkan)
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
Keterangan afektif:
Skor 85-100 : Sangat Tinggi
Skor 76-85 : Tinggi
Skor 85-100 : Sangat Tinggi
Skor 76-85 : Tinggi
Skor 66-75 : Sedang
Skor < 65 : Kurang
Ngadirejo, 2 Maret
2015
Mengetahui
Kepala Sekolah
TITIK SUPRIYATI, S.Pd.
NIP. 19590401 197911 2 005
|
Mahasiswa
TETI WARDANI
NIM 825603217
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar