Minggu, 14 Juni 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Siklus II

Satuan Pendidikan                : SD Negeri 1 Campursari
Mata Pelajaran                      : PKn
Kelas / Semester                     : I /II
            Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit
Jumlah Pertemuan                : 1 Pertemuan

A.    Standar Kompetensi
4 Menerapkan kewajiban anak di sekolah
B.     Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan kewajiban anak di sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban di sekolah
C.    Indikator
Kognitif          : mendefinisikan arti kewajiban
Psikomotor     : -
Afektif            : melaksanakan kewajiban anak di sekolah
D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif         : siswa mampu mendefinisiskan arti kewajiban yang
disampaikan secara tepat
Psikomotor     : -
Afektif            : siswa mampu melaksanakan kewajiban di sekolah dengan tepat
E.     Materi Ajar
Gambar ilustrasi
F.     Model Pembelajaran
Pembelajaran Picture and Picture
Media pembelajaran : gambar ilustrasi


G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN GURU
LANGKAH
POKOK
KEGIATAN SISWA
·      Mengajak siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing
·      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Apersepsi
·      Meminta informasi mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran
·      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar” ciptaan Ibu Sud



·         Siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing
·         Member informasi kepada guru tentang kehadiran
·         Member informasi mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan menjawab pertanyaan guru
·         Siswa bernyayi bersama lagu “Pergi Belajar” ciptaan Ibu Sud


Eksplorasi
·         Memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
·         Memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
·         menyiapkan gambar ilustrasi
Menyajikan materi sebagai pengantar
·         Menerima informasi yang disampaikan guru
·         Menunjukkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
·         Membagi menjadi 5 kelompok


Menunjukkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
·         Mengamati setiap gambar yang ditunjukkan oleh guru
·         Berkumpul dengan kelompok

Elaborasi

·         menjelaskan kewajiban anak di sekolah
·         membagi gambar dan lembar kerja
·         mengawasi siswa dalam berdiskusi

Mendiskusikan gambar-gambar kegiatan dan
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
·         menerima gambar dan lembar kerja
·         berdiskusi dalam kelompok
·         meminta setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
·         memberi evaluasi hasil diskusi
Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
·         menyampaikan hasil diskusi kelompok masing-masing
·         mendengarkan penjelasan guru

Konfirmasi

·         bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di rumah dan di sekolah

Memberikan kesimpulan secara umum
·         bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan tentang hak anak di rumah dan di sekolah
·         memberi evaluasi tentang pembelajaran yang dilakukan
·         member tugas rumah untuk siswa
·         menyampaikan materi untuk pertemuan yang akan dating
·         menutup pembelajaran
·         berdoa
Evaluasi
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
·         menerima tugas rumah dari guru
·         mendengarkan dan memperhatikan penjelasan gur
·         berdoa








H.    Penilaian
Soal :
                   I.     Berilah tanda silang (X) pada a,b atau c untuk jawaban yang benar !
1.      Sesuatu yang harus kita laksanakan disebut ……..
a. hadiah
b. hak
c. kewajiban
2.      Menjalankan piket rutin adalah …………… murid
a. hak
b. kewajiban
c. paksaan

3.      Kewajiban siswa di sekolah adalah  ….
                        a. mendapat nilai          
                        b. belajar giat  
                        c. mendapat buku
4.      Menghormati guru adalah kewajiban anak di ….
                        a. rumah                                                                             
                        b. masyarakat                                                                     
                        c. sekolah
5.      Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah ….
                        a. menaati tata tertib sekolah                                             
                        b. mengeluarkan pendapat                                                 
                        c. mendapat kasih sayang guru
6.      Sikap yang baik ketika guru menjelaskan pelajaran ….
                        a. bermain                                                                           
                        b. memperhatikan                                                               
                        c. menggangu teman
7.      Kita harus menjaga kebersihan sekolah dengan cara ….
                        a. melaksanakan piket
                        b. menyapu saat di suruh saja                                            
                        c. membuang sampah sembarangan
8.      Agar mendapat nilai yang bagus maka kita harus …,dengan giat
                        a. bermain
                        b. belajar                      
                        c. bergurau


9.      Jika temanmu membuang sampah di selokan, sikapmu  ….
                        a. menasihati
                        b. membiarkan             
                        c. tertawa
10.  Melaksanakan kewajiban harus dengan hati yang ….
a.    Terpaksa
b.   Tulus ikhlas
c.    Mengharap imbalan

                         II.     Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat.
1.      Sesuatu yang harus kita laksanakan adalah……………………
2.      Apabila dinasehati guru sebaiknya kita………………………..
3.      Cara kita menjaga kebersihan sekolah adalah…………………
4.      Tata tertib di sekolah harus kita……………………………….
5.      Salah satu kewajiban siswa di sekolah yaitu…………………..

Teknik Penilaian Tes Tertulis
Butir Soal
Nomor
Skor Aspek Penilaian
Jumlah
Skor
Ketepatan Jawaban

       I.            1   s.d. 10


    II.            1 s.d 5


Keterangan:
I. Benar              : Skor 1                                    Skor Maksimal : 10
Salah               : Skor 0
                II.  Benar              : Skor 2                                    Skor Maksimal : 10
Salah                : Skor 0
          NA =   Sp  x  100
                     Sm
             Keterangan:  Sp = skor perolehan
                                  Sm= skor maksimal


Penilaian Keseluruhan


No


Nama
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Kognitif
(berdasarkan latihan)
Psikomotor
Afektif
(Karakter yang dikembangkan)
1.





2






Keterangan afektif:
Skor 91-100    : Sangat Tinggi
Skor 81-90      : Tinggi

Skor 71-80      : Sedang
Skor < 70        : Kurang


Ngadirejo, 30 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah



TITIK SUPRIYATI, S.Pd.
NIP. 19590401 197911 2 005

Mahasiswa



TETI WARDANI
NIM 825603217

Tidak ada komentar:

Posting Komentar